Pelatihan Ecobrick Berbasis Kelompok Rumah Tangga di RW-05 Kelurahan Cipaganti, Kec.Coblong Kota Bandung

 

​Pelatihan EcoBrick (Eco = disingkat dari ilmu Ecology; brick = bata) di RW-05 Kel.Cipaganti, Kec.Coblong, di Jl.Cihampelas Kota Bandung adalah suatu kegiatan untuk memberikan pemahaman kepada warga tentang sampah, khususnya sampah plastik yang tidak bisa dijual ke pihak Bank Sampah Bersinar. Sampah-sampah plastik tersebut berpotensi menjadi materi dasar untuk konstruksi bangku sederhana, yang tentunya memiliki nilai ekonomi dan dapat menambah penghasilan rumah tangga.

Latar belakang diadakan pelatihan ini adalah:

  1. Keprihatinan Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Telkom terhadap masalah lingkungan yang merupakan masalah yang tidak pernah usai.
  2. Mencermati fakta bahwa sampah yang dihasilkan oleh 2,4 juta penduduk Kota Bandung dari berbagai aktivitas di lingkungan rumah tangga, institusi, kantor, rumah sakit, sekolah maupun kampus, adalah berkisar antara 1.500 ~ 1.600 ton sampah per hari. Lalu adanya perkiraan 150 ~ 250 ton sampah berceceran di sungai dan sudut kota. Keberadaan sampah tersebut mencemari sedikitnya 10 sungai di Kota Bandung.
  3. Memahami bahwa lingkungan RW-05 Kel.Cipaganti, Kec.Coblong, di Jl.Cihampelas Kota Bandung, yang berlokasi di bantaran sungai Cikapundung belum pernah dilaksanakan pelatihan tentang EcoBrick.

Berangkat dari pemikiran dan kondisi faktual inilah kemudian muncul inisiatif kolaborasi antara Forum Gemricik, Tim PkM FEB Tel-U, Bank Sampah Bersinar (BSB), Lembada (Lembaga Bantuan Desain); untuk bergerak, bertindak dan terpanggil melakukan kegiatan PkM dalam wujud pelatihan EcoBrick.

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal hari Kamis tanggal 11 Oktober 2018. Tempat penyelenggaraan pelatihan adalah di Masjid Mungsolkanas RW-05 Kel.Cipaganti, Kec.Coblong, di Jl.Cihampelas Kota Bandung.

Pelatihan ini terselenggara karena adanya kerjasama dari beberapa pihak, yaitu:

  1. Penyelenggara acara pelatihan EcoBrick ini adalah: 1) Tim PkM FEB Tel-U; 2) Warga RW-05; 3) Forum Gerakan Masyarakat Cinta Cikapundung (Gemricik); 4) Bank Sampah Bersinar (BSB); 5) Lembada (Lembaga Bantuan Desain) serta mendapat dukungan dari Komandan Sektor-22 Citarum Harum dan Yayasan Paragita.
  2. Peserta pelatihan EcoBrick adalah para pengurus bank sampah kelompok Cihampelas Mandiri, yang mewakili 8 RT.

Susunan acara pelatihan adalah sebagai berikut:

  1. Arahan dari Komandan Sektor-22 Citarum Harum dan Ketua RW-05.
  2. Paparan singkat dari Tim PkM FEB Tel-U tentang rencana strategis program PkM di lingkungan RW-05.
  3. Paparan singkat dari pihak Yayasan Paragita tentang EcoBrick.
  4. Praktik membuat EcoBrick dari masing-masing peserta pelatihan.

Dalam kurun waktu tiga (3) bulan ke depan, setiap peserta telah mampu menghasilkan konstruksi bangku sederhana yang akan dijual pada saat pelaksanaaan bazaar di tahun 2019.

Dokumentasi foto-foto pelatihan adalah sebagai berikut:

  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.