Pelatihan Kewirausahaan & Digital Marketing Bagi Pedagang & Pengelola Pasar Rakyat Sayati Indah Margahayu

Pasar rakyat yang menjadi tempat representatif dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan, menjadi terancam keberadaannya terutama dengan hadirnya pasar modern. Hal ini tidak terlepas dengan adanya permasalahan seperti suasana pasar yang kumuh dan kotor, tata ruang pasar yang terbatas, jam operasional pasar yang terbatas, cara pengemasan yang kurang rapih, kemampuan SDM, dsb. Selain itu karena masih kurangnya pengetahuan pedagang tentang konsep pasar bersih sehat diperlukan pelatihan yang dapat membantu pedagang untuk dapat meningkatkan kemampuan berkompetisi mereka dalam menghadapi pesatnya pertumbuhan pasar modern, terutama di bidang kewirausahaan dan pemasaran.

Inilah yang menjadi alasan bagi Universitas Telkom bekerja sama dengan ASPARINDO (Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia) untuk kembali menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada pasar rakyat Sayati Indah guna membina dan memberikan pelatihan bagi para pedagang dan pengelola pasar setempat. Acara Pengabdian kepada Masyarakat ini telah diselenggarakan pada tanggal 5 Mei 2020 secara online, sebagai bagian dari adaptasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka percepatan Penanganan COVID-19. Penggunaan media online sebagai sarana pertemuan merupakan kegiatan yang pertama dilakukan sebagai bentuk adaptasi dari kebijakan PSBB, dan sejauh ini pemanfaatan media online memberikan pengalaman baru bagi para peserta untuk memaksimalkan rutinitas pekerjaan. Secara keseluruhan, baik para pedagang dan pihak pengelola pasar menerima acara ini dengan sangat baik dan antusias, dan merasakan manfaat yang besar dari acara ini. Para pedagang dan pengelola terlihat memberikan respon positif selama pelatihan berlangsung dan mengajukan berbagai pertanyaan yang menyangkut materi pelatihan. Tim diketuai oleh Mediany Kriseka Putri, S. KG., MBA dengan beranggotakan Tri Djatmiko, MBA dan Ir Candiwan, MM.

Acara ini juga ditargetkan untuk dapat terus dilakukan dengan menyasar pasar tradisional lainnya di Bandung, sebagai salah satu bentuk dedikasi Universitas Telkom untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Rencana kegiatan lebih lanjut, jika memungkinkan dari segi waktu dan kesempatan akan dilanjutkan program ini, dengan terlebih dahulu melakukan beberapa survei dan observasi untuk melihat potensi pengembangan lebih lanjut. Link Video kegiatan dapat dilihat di: https://youtu.be/1jl1B6S0JnQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *